Home / Artikel / 39Article / Berbagai Tradisi Natal
15
Dec
Berbagai Tradisi Natal
oleh Admin    |    PrintPrint Get a PDF version of this webpage PDF Comment(0)

Macam-macam tradisi Natal di berbagai Negara

SPANYOL

Di Spanyol, saat merayakan Natal, biasanya Nacimiento (kata "palungan" dalam bahasa Spanyol) diletakkan di tengah ruangan. Selanjutnya pada hari Natal seluruh anggota keluarga berlutut mengelilingi palungan tersebut sambil berdoa dan menyanyikan lagu-lagu Natal. Kebiasaan yang dilakukan anak-anak adalah meletakkan sepatu-sepatu mereka di jendela yang diisi dengan berbagai permen dan mainan.

JERMAN

Pohon Natal merupakan hal yang mutlak ada di rumah keluarga Kristen di Jerman. Menjelang malam Natal para orangtua akan mempersiapkan dan menghiasi pohon Natal dengan apel, permen, kacang, kue, mobil-mobilan, kereta api mainan, malaikat, emas - emasan, apa yang merupakan kesenangan seluruh keluarga, dan lilin. Hadiah-hadiah ditempatkan di bawah pohon Natal. Ketika semua sudah siap, bel dibunyikan sebagai tanda bagi anak-anak untuk memasuki "Ruangan Natal." Anak-anak menyanyikan pujian, mendengarkan cerita Natal, dan membuka hadiah mereka yang terdapat di bawah pohon Natal.

AUSTRIA

Liburan dimulai tanggal 6 Desember dimana anak-anak berkumpul untuk menunggu kedatangan St. Nicholas (Santa Claus) beserta asistennya yang bernama Krampus (atau Piet Hitam). Pada malam Natal, ikan merupakan menu utama makan malam keluarga. Kemudian dilanjutkan dengan acara pembagian hadiah dimana seluruh anggota keluarga mengitari pohon Natal yang telah dihiasi dengan lampu dan manisan buah plum.

MEKSIKO

Orang Meksiko merayakan Natal dengan menggelar festival selama 9 hari. Setiap malam tampil atraksi dari berbagai keluarga yang berbeda dengan dipimpin oleh anak kecil yang membawa patung Yesus, Maria dan Yusuf yang terbuat dari tanah liat. Mereka berjalan ke rumah-rumah yang sedang melangsungkan pusada (baca: pesta) dan menyanyikan lagu-lagu Natal. Sementara itu beberapa orang dari mereka berusaha memecahkan boneka yang terbuat dari tanah liat yang tergantung di langit-langit rumah) sehingga seluruh peserta akan dihujani dengan berbagai permen dan hadiah dari dalam boneka buatan tersebut.

POLANDIA

Di Polandia setiap malam Natal selalu disediakan sebuah kursi di meja makan untuk bayi Yesus.

LIBERIA

Kebanyakan penduduk di Liberia tidak merayakan Natal, tetapi mereka menghias rumah mereka dengan sebatang pohon palem yang dihiasi lonceng merah dan menyanyikan lagu Natal.

IRAK

Di malam Natal seluruh keluarga akan berkumpul untuk mendengarkan kisah Natal. Seorang anak akan membacakan kisah Natal dari Alkitab sementara anggota keluarga yang lain memegang lilin-lilin.

INGGRIS

Puding, plum dan pie adalah makanan khas yang disajikan pada waktu Natal di Inggris. Kartu Natal pertama kali juga diciptakan di negara ini.

Tanah Hijau

Keluarga di Tanah Hijau/Greenland harus mengimpor pohon Natal dari luar negeri, karena di negara mereka pohon itu tidak tumbuh.

VENEZUELA

Di Venezuela anak-anak mendapat hadiah Natalnya pada tanggal 6 Januari, yaitu pada perayaan hari tiga orang Majus. Sebelum tidur, anak-anak menaruh jerami bagi unta-unta orang Majus, dan pada pagi harinya mereka akan menemukan hadiah dari orang Majus.

SWEDIA

Hari raya Santa Lusia tanggal 13 Desember adalah perayaan pertama Natal di Swedia. Nama Santa Lusia dipakai untuk mengingat seorang gadis kecil bernama Lusia yang membawakan makanan bagi orang-orang Kristen yang bersembunyi ratusan tahun yang lampau. Anak tertua dalam sebuah keluarga mengenakan lilin di atas kepalanya dan membawa roti untuk sarapan bagi keluarga mereka di tempat tidur.

IRLANDIA

Pada malam Natal di Irlandia, anak terkecil dalam sebuah keluarga menyalakan lilin dan meletakkannya pada jendela terbesar. Lilin itu akan dibiarkan menyala sepanjang malam untuk menerangi jalan bagi orang yang mencari tempat berteduh, seperti Maria dan Yusuf pada Natal pertama.

TIONGKOK

Anak-anak Kristen di Tiongkok menghias rumah dan pohon Natal mereka dengan lentera dan bunga-bunga dari kertas. Lentera itu mengingatkan mereka akan Yesus, Sang Terang dunia.

AUSTRALIA

Tidak seperti suasana Natal yang seringkali digambarkan jatuh pada musim dingin, Natal di Australia justru jatuh pada musim panas. Karena itu, banyak aktivitas bernuansa Natal yang mereka lakukan di kolam renang, pantai, atau pusat perbelanjaan. Permainan kriket yang dimulai sehari sesudah Natal dan perlombaan perahu dayung (yacht) dari Sydney ke Hobart di Pelabuhan Sydney adalah dua acara olah raga penting yang diadakan tiap Natal. Namun seperti layaknya tradisi Natal di berbagai negara lain, keluarga Kristen di Australia biasanya juga meluangkan waktu untuk berkumpul dan makan bersama di malam Natal.

KOREA

Anak-anak di Korea mempunyai tradisi sendiri dalam merayakan Natal, yaitu dengan saling memberi kartu Natal. Tidak peduli berapa banyak teman sekolah atau teman bermain, mereka akan mengirim dan membalas semua kartu yang mereka terima, meski dengan demikian anak-anak di Korea harus melewatkan jam tidur malamnya hanya untuk membalas kartu-kartu Natal tersebut. Uniknya, setiap kartu memiliki isi yang berbeda. Ini menunjukkan bagaimana mereka mengekspresikan perasaan mereka pada setiap orang yang mereka kenal.

FILIPINA

Orang Filipina sangat menyukai Natal, lagu-lagu Natal sudah mengudara di berbagai stasiun radio bahkan sejak bulan september. Pada tanggal 16 hingga 24 Desember pagi diadakan misa khusus yang disebut "Misa de Gallo", dan seusai misa biasanya disediakan berbagai sajian makanan khas daerah yang terbuat dari beras. Pada malam Natal, seusai mengikuti misa tengah malam, para keluarga Filipina berkumpul untuk menikmati makan malam bersama. Menunya pun cukup mengundang selera, yaitu babi panggang utuh, daging asap, aneka keju serta masakan lainnya. Ini adalah saat dimana keluarga berkumpul untuk memohon kesehatan dan keselamatan bagi setiap orang. Lalu hadiah Natal pun dibuka dengan gembira.

PERANCIS

Pada malam Natal, anak-anak Perancis biasa meletakkan sepatu mereka di depan perapian sambil berharap Santa Claus (Pere Noel) akan memenuhi sepatu mereka dengan berbagai hadiah. Jamuan tengah malam di malam Natal adalah daging yang disebut "le reveillon". Reveillon berarti bangun, atau panggilan untuk hari pertama. Jadi reveillon adalah simbol kebangkitan spiritual dari arti kelahiran Yesus. Daging tersebut bisa terdiri dari tiram, sosis, arak, ham bakar, unggas panggang, salad, buah-buahan dan kue tart. Di Perancis Selatan ada satu tradisi yang unik. Pie/Kue Daging Natal (pain calendeau) dipotong secara bersilang dan dimakan hanya setelah bagian yang pertama diberikan kepada orang yang miskin.

Sumber : http://natal.sabda.org/

Tradisi Natal di Indonesia

Indonesia adalah negara yang kaya dengan budaya. Tidak mengherankan jika setiap provinsi memiliki cara uniknya sendiri dalam merayakan Natal. Yuk, kita intip tradisi Natal Indonesia.

Sumatera Utara

Masyarakat Batak di Sumatera Utara mengenal tradisi bernama Marbinda. Yaitu, tradisi menyembelih seekor hewan bersama-sama di hari raya. Hewan yang disembelih merupakan hasil kesepakatan menabung bersama antara beberapa orang, dari beberapa bulan sebelumnya. Jika jumlah peserta patungan banyak, hewan yang disembelih bisa kerbau. Akan tetapi, jika sedikit biasanya hanya babi. Pada hari-H, mereka melakukan marhobas (pemotongan dan pembagian bersama) hewan tersebut.

DKI Jakarta

Di Kampung Tugu, tempat komunitas warga keturunan Portugis bermukim, dikenal tradisi unik untuk merayakan Natal. Setelah kebaktian, warga berziarah ke kuburan yang terletak di samping gereja lalu menjalankan tradisi Rabo-Rabo, yaitu bermain musik keroncong dan menari bersama sambil keliling kampung untuk mengunjungi para fam.

Lagu yang dimainkan tentunya tembang-tembang Natal. Setiap penghuni rumah yang habis dikunjungi wajib mengikuti rombongan pemain keroncong sampai ke rumah terakhir. Puncak perayaan terdapat dalam tradisi mandi-mandi. Warga berkumpul di rumah sanak familinya, lalu mereka dengan serunya saling mencoret-coret muka satu sama lain dengan bedak putih sebagai simbol membersihkan kesalahan yang lalu menjelang tahun baru.

Yogyakarta

Natal di dearah ini kental dengan nuansa budaya. Kerap kali pendeta memimpin ibadah dengan memakai baju beskap dan blangkon, memakai bahasa Jawa halus, lengkap dengan pertunjukan wayang kulit bertema "Kelahiran Kristus". Nah, pada 25 Desember, ada tradisi saling mengunjungi, mirip seperti lebaran. Tidak jarang anak-anak juga mendapat angpau pada saat silaturahmi.

Bali

Komunitas pemeluk Kristen di Bali biasa merayakan Natal dengan pakaian khas daerah mereka: kebaya, selendang, kain kamen, dan destar. Warna yang biasa dipakai adalah hitam-putih. Pada masa perayaan Natal, kompleks gereja dihias dengan batang bambu yang dihias janur, sebuah ornamen khas Bali yang bernama Penjor.

Toraja

Setiap Natal, pemda Toraja mengadakan sebuah festival budaya dan pariwisata bertajuk "Lovely December". Festival ini dimulai sejak awal Desember (dibuka dengan pemotongan kerbau belang) dan mencapai puncak pada 26 Desember dengan arak-arakan yang disebut lettoan.
"Lovely December" terbuka untuk semua orang, tidak harus yang Kristen. Momen ini kerap dimanfaatkan para perantau untuk pulang, menikmati karnaval, bazar natal, kontes kerbau, pentas-pentas seni, aneka acara adat, pameran kerajinan tangan, dan kuliner. Masyarakat setempat pun sibuk menghias rumah, kantor, dan gereja.

Manado

Di Manado, sejak 1 Desember sudah ada ibadah pra-natal yang diadakan tiap hari sampai Natal tiba. Maka, selama masa ini para pejabat pemda mengadakan Safari Natal, yaitu setiap hari mereka mengikuti ibadah di tiap kecamatan yang berbeda. Pawai keliling kota pun sudah jamak dilakukan warga.
Sayuran paling dicari menjelang Natal di sini adalah buncis. Banyak juga keluarga yang memiliki tradisi menjenguk kuburan kerabatnya dan makan bersama di sana, biasanya menjelang tahun baru. Pada momen itu, kuburan sekalian dibersihkan dan terkadang ditambahi lampu hiasan. Rangkaian kemeriahan Natal ini berakhir pada Minggu pertama Januari dengan tradisi kunci taon, di mana warga pawai keliling kampung dengan kostum-kostum lucu.

Flores

Natal di Flores identik dengan meriam bambu yang diledakkan nyaris di tiap sudut kota pada malam Natal. Anak muda biasa begadang semalaman pada 24 Desember sambil sesekali main kembang api dan minum moke.

Ambon

Yang paling menonjol dari Natalan di Ambon adalah bunyi sirine kapal dan lonceng gereja yang dibunyikan serentak pada tengah malam 24 Desember. Momen ini juga identik dengan pertemuan keluarga besar.

Papua

Warga Papua memiliki tradisi pesta barapen atau bakar batu (sebuah ritual kuliner lokal untuk mengolah babi) sebagai ungkapan kebahagiaan Natal. Selain itu, di banyak tempat dipasang dekorasi bertema kelahiran Yesus, lengkap dengan lagu-lagu Natal yang diputar 24 jam.

Sumber: www.anneahira.com

Artikel mengenai tradisi diatas hanyalah sebagai informasi semata. Namun arti natal sesungguhnya jangan samapai kita tutupi dengan berbagai tradisi yang ada. Tuhan memberkati

Nama
Email
Komentar
Ketikan Kode di atas
ArtikelLainnya >>
Keluarga
Keluarga Bahagia sebagai Pilar Gereja yang Kuat
Diubahkan dan Dipulihkan Lewat Komunitas
Teh Hijau
Misi Lampung
Kunjungan Team PADUS "Eukaristo" ke Panti Jompo
Kemerdekaan Sejati
Praise & Worship Night
Membangun Karakter Anak Melalui Cross Country ABI
KESAKSIAN MISI BANDA ACEH 19-25 MEI 2014
Berbuah dalam Kristus
Berbuah karena dan dalam Kristus
Ibadah Gabungan 29 Mei 2014
Martir Perjanjian Baru
Excellent Young People!
Cinta dan Takut Akan Tuhan
Obesitas pada Anak
Rayakan Waktu-waktu Hidupmu
Go to the Next Level with Holy Spirit
Bintang Kecil
Roh Kudus Pemeran Utama Gereja-Nya
Roh yang Luar Biasa
Revival
Retreat GSG Sakura 30 April-01 Mei 2014
Siapakah ROH KUDUS itu ?
Pelayanan Jabez
Paskah WBI
Laporan Misi Kalteng 21-25 April 2014
Bertekun
Apa Misi gereja?
7 Cara Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut
Hidup dalam Kekudusan
Kekudusan Hidup
Paskah GBI Pasko 39
Work Smarter not Harder
Sindroma metabolik
Seminar BNN
Komunitas
Sebab bagi Tuhan Tidak Ada yang Mustahil
Hut Panin 1 yang ke-7
Hiking for Refreshing!!!
Hidup yang Berbuah
Bileam yang Belajar Mendengar Tuhan
Seminar bersama dr. Andik Wijaya
Refreshing Guru ABI
Paskah-Pesan Gembala
He Died For You, Why not Live for Him
Pasko Singing Contest
Tunas-tunas Muda dari Tindakan Misi
Tukang Rombeng
Kebesaran Tuhan atas Ciptaan-Nya
Osteoarthritis Genu
Paskah Terindah
Revive Yourself 7-9 Maret 2014
TeenTime!
Segala Perkara dapat Kutanggung di dalam Dia yang Memberi Kekuatan
Perintah untuk Memuridkan
Jadilah Murid dan Bukan Hanya Pengikut Kristus
Bersama Melayani Tuhan
Kesaksian Pak Bonar
Laporan Perjalanan Misi ke Bitung Makalisung
Youth GBI Pasirkoja sebagai Wadah Kawula Muda
Misi Kalimantan Tengah Pangkalan Bun - Tanggal 16-21 Desember 2013
Siapa yang Bertahta di Hatimu ?
Amuk Sinabung Setelah Tertidur 400 Tahun
Mengenal kebesaran Tuhan
Kebesaran Tuhan
Retreat Encounter Youth
Sungguh Allah Itu Dahsyat
Apakah yang Tuhan harapkan dari kehidupanmu?
Natal WBI
Natal GSG Sakura
Natal Rumah Pemulihan Jabez
Semangat yang Tidak Pernah Padam-Natal EGM
Natal Bersama Team Musik & Pujian, 20 Desember 2013
Malam Visi dan Misi
Sukacita Natal di Ibadah Umum 2
Pertama Kalinya Baptisan Air dengan Air Hangat
Natal ABI 2013
Berbagai Jenis Tambalan Gigi
Misi Kalteng 9-13 Desember 2013
Acara Natal Cabang Panin I Banceuy
Berkat Terbesar
Rahasia Ekonomi Tuhan (Sumber Berkat)
Berkat 100 Kali Lipat, Mungkinkah?
Doa Bagi Dunia: Gelombang Badai Haiyan di Filipina
Praise & Worship Night 23 November 2013
Maximize Your Potential
Kunjungan WBI ke Panti Jompo Priangan
Kesaksian Ibu Nani Heryani
Depresi
Kemarin
Music Development Day (MDD)
We Care We Charges We Changes
Akhir Zaman
Eskatologi Doktrin Akhir Zaman
You Lost Me
Dede Imawan & Mariana
Laporan Misi Kambodia. 21-25 Oktober 2013
Kairos Gracio
Pertolongan Tuhan yang Dahsyat
Tidur dan manfaatnya
Meminta = BERDOA
Dalam Pujian Penyembahan, Tuhan Bekerja
Pujian dan Penyembahan
Kesaksian Nunik Yosana (KU-2)
Cara Simpel Merawat Gigi Anak
Indonesia Satoe
Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos
Sahabat Kota dan TNI : Bersama Memberkati Bandung Selatan
Tetaplah Berdoa, Dia Allah Imanuel
Sukacita Bersama di Balik Terali Besi
Cerdik Seperti Ular dan Tulus Seperti Merpati
Tuhan Dan Laba-Laba
No Turning Back
Jangan Jadi Worship Leader (Pemimpin Pujian)!
Misi - Pesan Gembala
Panggilan Allah bagi Anda dalam Dunia Kerja dan Bisnis
Pangandaran oh Pangandaran
Dari Nelayan Menjadi Pelayan (From Fishman to Servant)
Laut
Manfaat Buah-buahan Bagi Kesehatan
Misi Cilacap 31 Agustus - 01 September 2013
Bersama Memuliakan Dia
Pelayanan di SMAN 6 Cimahi
Karakter Kristus dalam Konteks Buah Roh
Karakter Kristus
Revisi Pengerja - 17 Agustus 2013
Kesaksian Misi
Tetap Setia dan Berserah
Hepatitis A
Aplikasi Kasih dalam Kehidupan Sehari-hari
Bersyukurlah Kepada Tuhan
Berbagi Kasih di Bulan Ramadhan
Pentas Seni LiNK43
Akal Budi
Kemerdekaan Sejati - Pesan Gembala
Kemerdekaan yang Sesungguhnya dalam Kristus - Artikel Utama
SIL ABI 2013
Limpah dalam Kemurahan - Tokoh
Gathering Bersama - Musik Pujian
Bergerak dalam Rencana Allah - Kesaksian Misi Bromo
Kesaksian Misi Sumba (17 Juli - 20 Juli 2013)
Saat Allah Paling Berdaulat, Ada Kemerdekaan Sejati! - Kesaksian
Pemeriksaan Kesehatan EGM
Cerebral Palsy
Couple Meeting II
The Lost & Found Family
Komunitas Kristen
Komunitas: Komunikasi & Interaksi yang Berkualitas
Panggilan-Nya tak Terelakkan
Laporan Misi Maluku Utara 10-19 Juni 2013
Kompas Men's Camp 25 Mei 2013
Kesabaran dan Pengampunan
Kebaktian Padang Youth 25 Mei 2013
Kuasa Menjadi Saksi
Tips Mengisi Liburan Sekolah
Gigi Impaksi / Tertanam
Teladan Yosua
Keluarga - Pesan Gembala
Keluarga - Artikel Utama
Laporan Pekan Doa
Keluarga yang Berdampak
HUT Panin
Tuhan yang Bekerja dalam Kehidupan Keluarga Kami
LiNK43-Values
Empat Ekor Binatang
Low Back Pain
Roh Kudus - Pesan Gembala
Roh Kudus - Artikel Utama
Kesaksian Misi Kalteng - Tgl 1-5 April 2013
Bagi Tuhan tak Ada yang Mustahil - Kesaksian Willy & Anna
He is Good All the Time - Kesaksian Kezia
Kebaktian Padang ABI 2013
Joss
Gereja Misi
Seperti Anak Panah di Tangan Pahlawan
Manage Your Time
Berkat dari Kesetiaan
Alzheimer
Membangun Hidup - Pesan Gembala
Membangun Kehidupan dalam Kristus
Move on Sumba
Keep calm & galau mode off
Israel
Revive Yourself 22-24 Februari 2013
A Happy Life Start from a Harmonious Family
Saya Sangat Bersyukur Kepada Tuhan
Membangun Hubungan dan Komunikasi dengan Anak
Kesaksian dari Sdri. Liyani (Jemaat KU 3)
Entikong
Bahaya Gigi Berlubang
1 Menit Berharga!
Hati yang Dihangatkan oleh Cahaya Kasih
Makna Paskah-Pesan Gembala
Maut Dikalahkan dan Anda Terbasuh Darah Anak Domba
Sadhu Sundar Singh: Misionaris dengan Kaki yang Berdarah
Faithfulness
LC-Leaders Equipping
Mujizat Itu Terjadi- Kesaksian
Gout
Amazing Grace
Sebuah Rahasia
Kedewasaan Rohani
Kedewasaan Rohani
Berbagi Kasih
Systemic Lupus Erythematosus
Everything Beautiful in His Time - Kesaksian
Kedewasaan Rohani Dalam Misi
Misi Kalteng /Tumbang Beban
Kebaktian Akhir Tahun
Malaikat Kecil
Keberanian Memberitakan Rahasia Injil (The Mystery of the Gospel)
Manajemen Keuangan yang Baik
Baut Kecil Dan Lempengan Baja Kapal Bijaksana
Unity in Diversity
"Waktu" - Misi Morotai
Mama, Pahlawan Bagi Kami - Kesaksian
Janganlah Kamu Kuatir
Janji Sarah
Sukacita dalam Kebersamaan
5 Fakta Mengenai Gigi
Pujian Di Tengah Natal
Kuasa Puji-Pujian
Serba-Serbi Natal
Bahaya Merokok
Tuhan yang Menjadi Manusia
Misi Bromo- Suku Tengger
Iman yang Berkualitas
Kesaksian Palalangon
Acara Outdoor PAINTBALL Youth Sakura
Acara Mancing Remaco 26 Okt 2012
Doa-Puasa-Iman
Iman yang Mengalahkan Dunia
Kesaksian - Dengan Berserah Penuh, Mujizat Itu Nyata
Kesaksian Misi Kupang - 20-25 Sept 2012
Extravagant Mission-Matius 28:19
Rangkuman ibadah ke-2 - Komunitas orang percaya yang saling memperhatikan
Kejutan di Hari Ulang Tahun
Hordeolum
Mentoring
Misi
Pekabaran Injil Adalah Tugas Gereja yang Terpenting
Kerukunan dalam Keluarga
ABI - Suara yang Salah
Couple Meeting 2 - Seks dalam Pernikahan
Gigi Susu
Rancangan Agenda Misi Integral di Indonesia
Tokoh Misi: John Eliot
Aplikasi Kasih dalam Kehidupan Sehari-hari
Gereja - Komunitas Orang Percaya
Salah Satu Kunci Kebangunan Rohani Pribadi.
Smile and Give God Your Best
Laporan Misi Kamboja 23-28 Juli 2012
Liputan Revisi Pengerja 2012
The Mission Begin
Tanggung Jawab Sebagai Anggota Gereja
Demam Typhoid
Retreat Youth - Hati untuk Generasi
Kamu Bisa Goncangkan Dunia - ABI
Kesaksian Retreat ABI Pasko
Laporan Retreat ABI 2012
Misi adalah Gaya Hidup Semua Orang Percaya
Kafein
Liputan LiNK43-Youth Special Service P.R.I.Z.E
Keluarga adalah Segalanya
Liputan Kunjungan Remaco ke Panti Asuhan
Mendeklarasikan Kehidupan Kristen di Alam Merdeka (1 Petrus 2:16)
Independence Day
Kebaktian Padang EGM di Ancol
Pekan Doa 10 hari 18-27 Mei 2012
Kisah Pengusaha Yang di Jemput Malaikat
Retreat Musik Pujian 15-16 Juni 2012,Wisma Enggal, Lembang
Wibawa dari Injil adalah Kuasa
Tips Mengisi Liburan Bersama Anak
Cara Menyikat Gigi Yang Benar
World Prayer Assembly
Pikiran Anda Mempengaruhi Kuasa Doa Anda
Pembaharuan Pikiran dalam Kristus
Perkataan Yang Menghujat Roh Kudus - Pdt. Johana Ang
Keluarga adalah Benteng Utama Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba
LINK 43 - Friendship Day
25 Years Wedding Anniversary
Ulasan Couple Meeting I - "Bahasakan Perasaanmu"
Tepat pada Waktunya
Flu Singapore
Buat Yang Merasa menderita Karena Pelayanan
Keluarga - Artikel Utama
Keluarga - Pesan Gembala
Kuda Nil yang Manis dan Asam-ABI
Beribadah dengan Fasilitas Seadanya-Kesaksian Misi
Ibadah Paskah WBI-17 April 2012
Di Manakah Posisi Anda dalam Rencana Agung?(Yos.1:9)
Penyalahgunaan Narkoba
Praise & Worship Night - Youth
Pribadi ROH KUDUS
Roh Kudus: Pribadi Ilahi yang Berbeda
Kesaksian Misi Kampung Jati-28 Februari 2012
I"m in Love-Ibadah Valentine LiNK43-Youth
Hidup adalah Kesaksian
Ringkasan Khotbah-Kerajaan Allah adalah Kuasa
Alergi Obat
Acara Syukuran Pdt. A.L. Jantje Haans
Bukti Medis: Apakah Kematian Yesus Pura-Pura dan Kebangkitan-Nya adalah Cerita Bohong
Paskah adalah Misi Hati Allah
Kepastian Masuk Sorga
Tujuh Perkataan Yesus di Kayu Salib
Kutuk Menjadi Berkat
Paskah Berdampak Bagi Pemulihan Rohani
Kuasa Darah Yesus Sarana Penebus Dosa dan Pengampunan
Kematian dan Kebangkitan Kristus Melambangkan Paskah yaitu Kemenangan
Darah-Nya Sangat Berkuasa-Pesan Gembala
Paskah-Pesan Gembala
Rangkuman Khotbah-Bagaimana Kita Terbebas oleh Hutang
Dapatkah Kedewasaan Rohani Dimiliki Seorang Muda?
Serba-Serbi Tahu
Menjadi Saksi
Kesaksian Misi Ternate
Ketakutan yang Banyak Menghantui Para Wanita
Mengapa Harus Mengganti Gigi-Gigi yang Hilang?
Jangan Main Terus!
Kedewasaan Rohani
Menuju Kedewasaan Rohani
Asma Bronkhial
Melupakan Kegagalan
Tiada Yang Mustahil Bagi Allah
Fokus 2012 LiNK43-Youth
Kerajaan Allah - Pesan Gembala
Kerajaan Allah
Natal WBI
Diberkati untuk Memberkati
Kesaksian Misi Kalteng - Menyenangkan Dia
Natal Youth - His Purpose
Migrain
Natal ABI - a Hero is Born
Hambatan-Hambatan dalam Membangun Jaminan Keuangan
Kehendak Tuhan Dalam Hal Menangani Keuangan
Extravagant Mission
Campus Goes To Bandung (Liputan Kegiatan Penjangkauan)
Harmoni Dalam Pernikahan
Kesaksian - Umas Ke 71 Tahun
Berikan Aku Seorang Ayah
Retreat Youth
10 Makanan Sehat Ini Bisa Bikin Gemuk
Long Time a Go in Betlehem
Yesus Pusat Seluruh Rencana Allah
Apakah Pujian & Penyembahan Itu?
Penyembah yang Benar
Hot News From Kupang (19 - 23 Oktober 2011)
Bersyukurlah Atas Segala Milikmu
Mencegah Sindrom Botol Bayi
Misi ke Nongkojajar 6-9 Oktober 2011 " JANGAN TAKUT, SEBAB AKU INI MENYERTAIMU"
Doa dan Puasa Untuk Gereja Sebagai Sokongan Pelayanan Misi (Ezra 8:21-23)
Kesaksian Bpk.Daniel Denny Setiadji
Compassion (Belas Kasihan Ilahi)
Lowongan Kerja
Misi
Kamulah Pewaris Nubuat
Laporan Misi Papua
5 Fakta Medis Manfaat Apel
Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh
Muda dan Berprestasi
Kenalilah Ginjal Anda
Kesaksian Ibu Rosidah
Berlari untuk Tuhan
Lowongan Kerja
Wanita dan Kekuatirannya
Liputan Kegiatan Usher Training LINK 43
Laporan Perjalanan Misi Kamboja 23-28 Mei 2011
Bebas dari Jerat Okultisme
Kelainan pada Bibir, Mulut & Lidah
Sekilas SIL ABI 2011
Bertumbuh Maksimal (Revisi Pengerja)
Oleh-Oleh Dari Revisi
Kerja Menurut Pandangan Alkitab
Berjalan Bersama Firman (Link 43)
Memberitakan Kabar Keselamatan
Radang Usus Buntu
Pemenang lomba mengarang SIL ABI 2011
Kesaksian
Artikel Utama - Doa & Iman
Pesan Gembala - Doa & Iman
Artikel Utama "Okultisme"
Pesan Gembala - Okultisme
Pekan Doa & Puasa GBI Pasko 39 (03-12 Juni 2011)
Kuat Seperti Abraham
Keluarga
Keluarga Sebagai Pusat Rumah Allah
Parents Gathering (Link43)
Glaukoma
Sekolah Injil Liburan (SIL)
Karakter & Penundukan Diri Dalam Melayani
Karakter & Penundukan Diri
Gigi Tanggal "Berhubungan Dengan Penyakit Jantung"
Bersaksi Bagi Kristus
Harga Sebuah Mukjizat
Be The Young Entrepreneur
Roh Kudus
Jangan Menyerah
Mengalami Roh Kudus
Cara Enak Menghindari Flu
Bless Impact Generation "Kedaulatan Allah Di 7 Bidang"
Stroke
Kelinci & Telur Paskah
Artikel Utama -Lihatlah Anak Domba Allah, Yang Menghapus Dosa Dunia-
Paskah, Penderitaan Menuju Kemuliaan
Murid Kristus atau Sekedar Kristen?
Potensi
Allah Pembelaku
Kerajaan Allah dan Misi
Sakit Maag
Artikel Utama -Kerajaan Allah-
Pesan Gembala Maret 2011 -Kerajaan Allah-
Kebenaran Versus Kebaikan
FRIENDS
Truett Cathy
Youth 2011
Keselamatan Atau Keamanan?
Artikel Kesehatan -Mimisan-
OM ABI -Siapa Yang Bertahta Di Hatimu?-
Artikel Utama -Kebesaran Tuhan adalah Kebesaran Yesus-
Pesan Gembala -Kebesaran Tuhan-
Kesaksian Revive Yourself
Cacar Air
Pesan Gembala -"Uang" In God We Trust-
Kasih Versus Donasi
Natal
Natal Adalah Memberi
Berbagai Tradisi Natal
Berita Sukacita versus Berita Dukacita
Lowongan Kerja (PT. Mega Capital Indonesia)
Lowongan Kerja (Istana Group)
Lowongan Kerja (Town For Kids Preschool)
Lowongan Kerja (Pharmacy Company)
Lowongan Kerja (PT. Arta Boga Cemerlang)
Lowongan Kerja (Bright Consulting)
Lowongan Kerja (CBN Cahaya Bagi Negeri)
Sara, Ketaatannya Diperhitungkan Sebagai Iman
Kedatangan Yang Kedua Dan Misi
Mitos Obat Berbahaya
Tuhan Menyembuhkan
Kesempatan Melayani
Cara Belajar Yang Efektif
Iman
Pesan Gembala -Iman-
MERDEKA
Berkat Dari Singapura
Be A Man
FRIENDS
Abses pada Gigi
Membina Keluarga Bahagia
Pesan Gembala -Keluarga-
Persekutuan Doa Anak Gg. Melati
Belajar Dari Hal Kecil
Encounter
Imunitas dan Daya Tahan Tubuh
Etika Kristen
Kesaksian Ko Dedi Ahauw
Roh Kudus Suatu Pribadi
Siapakah Roh Kudus itu?
Kesaksian Misi Cilacap
Pria Berintegritas
Ada Kuasa Dalam Doa Kepada Yesus
Bilamana dan Bagaimana Asal Mula Doa?
Kuasa Salib Kristus
Apakah Saya Dipanggil?
Menjadi Murid Sejati : Suatu Pilihan Mutlak
Kesaksian misi Papua 21-27 Feb 2010
Suku Sunda
Billy Graham
MENJADI SEORANG YANG MEMBAWA DAMPAK BAGI KOTA
Ralph Winter
Kebesaran Tuhan Yang Diberitakan Melalui Kesaksian Hidup
PAPUA
Suku Ranau
Dimasukkan ke Dalam Tembok
Amanat Agung
Suku Abung
Disidang Karena Membagikan Injil
Kebutuhan Yang Sangat Penting